PENGENALAN
OPEN GL
OpenGL
(Open Graphics Library ) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah
lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang
menghasilkan grafis 2D maupun 3D.
OpenGL
dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc(SGI) pada tahun 1992 dan secara luas
digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi,
dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, dimana
bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform. OpenGL dikelola oleh
sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
OpenGL
ini bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-language serta digunakan
untuk mendefenisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi mauoun objek 3 dimensi.
OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application
programming interface (API)) yang tidak tergantung pada piranti dan platform
yang digunakan,sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX
, MacOS dan sistem operasi lainnya.
TUJUAN OPENGL
- · Untuk menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators,memamerkan oleh programmer dengan satu, seragam API.
- Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang memerlukan mendukung implementasi penuh fitur opengl set (menggunakan emulation software jika diperlukan).
CARA MEMBUAT GARIS VERTIKAL ,
HORIZONTAL , DIAGONAL
Untuk melihat lebih jelas silahkan klik untuk file
Untuk melihat lebih jelas silahkan klik untuk file
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar